10 Nov 2010

Perawatan Rambut Ala Ayurveda

Pengobatan ayurveda dari India banyak memberikan asupan pada kecantikan, termasuk pada rambut. Pengobatan ayurveda menganggap rambut sebagai sampingan untuk membentuk tulang. Dalam hal ini, jaringan yang bertanggung jawab untuk pembentukan tulang juga bertanggung jawab untuk pembentukan rambut.

Praktisi ayurveda juga percaya bahwa awal rontoknya rambut sangat berkaitan dengan jenis tubuh dan juga stabilitas struktur pikiran-tubuh anda. Mengurangi asupan kalori dalam diet dan cara hidup sehat adalah dua faktor utama yang mempengaruhi kesehatan rambut anda Kesehatan yang buruk dan kekurangan dari vitamin tertentu daam tubuh akan mempengaruhi pula tingkat kesehatan dalam rambut anda.

Pengobatan ayurveda untuk rambut biasanya merupakan kombinasi dari herbal, diet, meditasi, yoga, pernapasan. aromaterapi, dan pijat minyak. Untuk menjaga kesehatan rambut, biasakan anda minum secangkir jus lidah buaya. Atau sesendok gel lidah buaya plus sejumput jinten 3 kali sehari selama 2 - 3 bulan.

Berikut ini beberapa terapi ayurveda untuk masalah - masalah rambut.

Ketombe

Resep 1

Campurkan sesendok kapur barus untuk setengah cangkir minyak kelapa. simpan dalam wadah kedap udara, sebaiknya wadah kaca. Dan gunakan minyak ini untuk pijat kulit kepala sebelum tidur. Lakukan hal ini terus menerus selama 15 hari sampai merasakan kulit kepala menjadi sehat.

Resep 2

Tambahkan sesendok minyak jarak, minyak sawi, minyak nimba lalu pijat kulit kepala setiap malam dengan ramuan ini. Keramaslah esok harinya.


Rambut Rontok

Resep 1

Pijat kulit kepala dengan lembut dengan minyak kelapa atau minyak almond setiap hari selama 10 - 15 menit. Setelahnya keramas seperti biasa.

Resep 2

Rebus daun nimba di dalam air bersih. Setelah dingin, bilas rambut dengan ramuan tersebut. Selain itu, tingkatkan konsumsi sayuran berdaun hijau, salad, susu, buah - buahan dan kecambah. Ambil lebih banyak protein, susu, mentega, ragi, bibit gandum, kacang kedelai, biji - bijian dan kacang - kacangan.

Resep 3

Setiap pagi makan segenggam biji wijen putih karena mengandung cukup magnesium dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Resep 4

Setiap hari, konsumsilah yohurt.

Resep 5

Pijat rambut dengan minyak yang mengandung vitamin E. Hal ini dapat menghambat atau memperlambat kerontokan rambut. Minyak vitamin E memperkuat rambut rapuh dan juga membantu untuk mencegah kulit kering.

Resep 6

Rebus daun jeruk dan bilas rambut anda dengan ramuan tersebut.

Resep 7

Jus daun ketumbar dan usapkan di kepala pada malam hari. Paginya keramas seperti biasa. Selain itu, pasta biji lada hitam dan lemon bisa digunakan untuk mengganti jus ketumbar.


Rambut Beruban

Parut jahe segar, campur dengan madu, makanlah 1 kali sehari.


Kulit Kepala Gatal

Gosok kulit kepala dengan penuh semangat setelah mencuci rambut. Hal ini meningkatkan sirkulasi darah dan mengaktifkan kelenjar sebaceous.

Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda