7 Nov 2010

Cabe Bikin Langsing

Suka Makanan Pedas ?. 
Berarti anda bersahabat dengan tubuh langsing. 
Temuan terbaru bahkan mengungkap manfaat cabai untuk megikis lemak tubuh. 

Tim peneliti dari Universitas California menemukan, kandungan capsaicin pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas dapat memicu pembakaran kalori dan mengoksidasi lapisan lemak dalam tubuh. Dari temuan itu, tim kemudian mengembangkan varian cabai dengan kandungan capsaicin yang sama, tetapi menghasilkan rasa yang tak terlalu pedas dan efek yang tak terlalu panas. Mereka menamainya dengan cabai dihydrocapsiate (DCT).

Para peneliti pada awalnya tak menyangka tanaman pedas yang telah dikonsumsi masyarakat di dunia sejak berabad -abad silam itu bermanfaat bagi mereka yang tengah melakukan program penurunan berat badan. Tetapi, hasil studi menguatkan mereka untuk terus melakukan pengembangan.

Dipimpin Dr. David Heber, mereka melakukan percobaan terhadap 34 pria dan wanita yang tertarik untuk mengkonsumsi produk - produk makanan cair pengganti yang rendah kalori selama 28 hari. Mereka kemudian memilih responden secara acak untuk mengonsumsi suplemen mengandung cabai DCT. sisanya diberikan suplemen placebo.

Hasil analisa setelah 7 jam pemberian makanan dan suplemen menunjukkan peningkatan pembakaran kalori di dalam tubuh responden yang mengonsumsi suplemen dengan kandungan cabai DCT yang cukup tinggi. Peningkatannya mencapai 2 kali lipat dibandingkan pembakaran kalori di tubuh responden yang mengonsumsi pil placebo.

Peneliti juga menunjukan bahwa DCT memainkan peran penting dalam peningkatan oksidasi lemak. Asupan DCT mendorong pelepasan lemak tubuh sebagai energi. Peningkatan metabolisme tubuh inilah yang kemudian bisa membantu seseorang menurunkan berat badannya. Tentu didukung dengan konsumsi makanan rendah kalori.

Hasil penelitian ini telah dipulikasikan dalam konferensi tahunan Experimental Biologi.

* Dari beberapa sumber *


Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda