26 Nov 2010

5 Cara Alami Atasi Migren

Sebenarnya hingga saat ini, migren masih diselimuti misteri. Para ahli dan peneliti di bidang kesehatan membutuhkan banyak waktu untuk menguak berbegai fakta tentang migren.

Hingga saat ini dunia medis telah mengenal kelompok obat Triptan yang dapat mengatasi migren. Namun ada baiknya menjalani pengobatan alami seperti di bawah ini.

1. Aromaterapi

Dalam buku Aromatherapy for Dummies, diuraikan bahwa 5 tetes minyak esensial lavender yang di campur ke dalam air dingin atau hangat, dapat menjadi cairan kompresan yang membantu mengatasi migren. Kompres area leher dan kepala selama 10 menit, maka berangsur-angsur akan mereda.

2. Olah Raga

Setiap kali kita bergerak, maka tubuh akan memproduksi endrofin, jenis hormon yang berfungsi sebagai pereda nyeri alamiah. Cobalah berjalan kaki 1/2 jam (30 menit) setiap hari, saat terjadi serangan migren, maka berangsur-angsur akan mereda,

3. Pijat

Menurut buku The Massage Complete Idiot's Guide, pijat bisa meredakan serangan migren. Caranya, mintalah seseorang menekan bagian pundak dan leher bagian belakang selama 5 menit, kemudian dilanjutkan dengan menekan pangkal tengkorak dengan jari. Tahan selama 1 menit, kemudian lepaskan tekanan perlahan-lahan.

4. Kompres Panas vs Dingin

Letakan kompresan dingin di leher dan pada saat yang bersamaan rendam kedua tangan di dalam air hangat. Cara ini dapat meredakan ketegangan yang terjadi di dalam kepala.

5. Mengkonsumsi Kacang Kacangan, Seafood dan Susu

Sejak lama di ketajui bahwa salah satu faktor yang menyebabkan seseorang rentan mengalami migren adalah asupan magnesium yang rendah. Karenanya, jika anda cenderung sering mengalami migren, maka perbanyaklah konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung magnesium, antara lain ; makanan yang terbuat dari gandum, kacang-kacangan, makan yang terbuat dari kacang kedelai, seafood, sayuran berwarna hijau gelap, pisang dan susu.

Catatan : Postingan ini untuk seorang teman yang sering mengalami migren, semoga bermanfaat

Do not give up and never despair. 
Life is a temptation that we must live. 
Days to come would be better. 
Pray and try to make us stronger through this life. 
Everything must be passed. 
Laugh and smile, my friend.

Send big files the easy way with sendspace


Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda