25 Nov 2010

Khasiat Sawo

Menurut buku Health Secret of Kiwifruit, sawo selain kaya gula, juga mengandung zat gizi lain seperti mineral, vitamin, karbohidrat dan serat pangan.

Buah ini baik juga untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tak hanya itu, sawo ternyata bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Keistimewaan sawo (Achras Zapota Linn) juga terletak pada kandungan nutrisi dalam daging buahnya yang berwarna kecoklatan. Di dalam 100 gram sawo terkandung energi 102 kkal, protein 0,5 gram, lemak 1,1 gram, karbohidrat 22,4 gram, mineral 0,5 gram, kalsium 25 mg, fosfor 12 mg, besi 1 mg, retinol 18 mcg dan asam askrobat 21 mg.

Kandungan serat di dalam sawo juga cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare. Gula sederhana di dalam sawo mampu memulihkan energi secara cepat. Sawo juga bisa meminimalkan resiko kanker pencernaan karena buah ini punya kemampuan mengikat karsinogen di dalam saluran pencernaan.

Sawo juga merupakan sumber kalium yang baik dan memiliki kadar natrium yang rendah. Perbandingan kandungan kalsium dan natrium pada sawo mencapai 16:1, menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Send big files the easy way with sendspace




Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda