11 Des 2010

Jintan Hitam | Habbatussauda

Jintan hitam alias nigella sativa merupakan salah satu species dari genus Nigella yang memiliki kurang lebih 14 species tanaman yang termasuk dalam famili Nigella orientalis dan Nigella sativa. Tanaman ini berasal dari Eropa Selatan, Afrika Utara dan Asia Selatan.

Di beberapa negara jintan hitam disebut ; Kalonji (bahasa Hindi), Kezah (Hebrew), Chamushka (Rusia), Habbatussauda (Arab), Siyah Daneh (Persian), Fennel Flower/Black Carraway/Nutmeg Flower/Roman Coriander/Black Onion Seed (English)

Jintan hitam telah dugunakan sejak dahulu. mulanya digunakan oleh orang-orang Parsi dalam masakan dan obat-obatan mereka. Minyak dari jintan hitam dijumpai dalam makam Fir'aun, Tuthankamen. Ia juga digunakan oleh Cleoparta untuk kesehatan dan kecantikan.

Jintan hitam telah digunakan di banyak negara Timur Tengah untuk pengobatan alami selama lebih dari 2000 tahun. Jintan hitam yang ada di Indonesia berasal dari Bombay.

Khasiat yang dimiliki oleh jintan hitam berasal dari kandungan kimia yang ada di dalamnya. Kandungan kimia jintan hitam terdiri dari minyak astiri, minyak lemak, d-limonena, simena, glukosida, saponin, zat pahit, jigelin, nigelon, dan timokonon. Berbagai kandungan ini diperoleh dari biji jintan hitam.

Rasullulah SAW bersabda : "Gunakanlah Al Habbatussauda (jintan hitam) karena di dalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali as Sam (maut)" (Shahih Bukhori dan Muslim). Di berbagai negara (Eropa, Amerika dan sejumlah negara Asia), obat ini mengalami kepopuleran yang sangat nyata dengan dilakukan beberapa riset ilmiah untuk mengungkap kebenaran hadist tersebut (diantaranya oleh Prof. El Dakhany dari Microbiologi Research Center, Arabia. Dr Michael tierra L.A.C.O MD, Pharmachology Research Departement Laboratory, Departement Pharmachy King College London, dll).

Jintan hitam digunakan ahli pengobatan Yunani unmtuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, hidung tersumbat dan mengatasi parasit usus seperti cacingan. Ahli pengobatan Islam yang terkenal, Ibnu Sina di dalam bukunya menyatakan bahwa jintan hitam dapat digunakan untuk meningkatkan metabolisme dan meningkatkan semangat.

Jintan hitam juga dikenal sebagai BRM (Biological Response Modifier) karena di Barat ada penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak dari biji jintan hitam bersifat toksik kepada sel kanker. Penelitian ini juga menunjukkan, sel kanker yang diberikan ekstrak jintan hitam dalam inkubator tidak dapat menghasilkan faktor untuk pertumbuhan (Fibroblast Growth factor) dan protein berkalogen yang diperlukan untuk pertumbuhan tumor.

Berikut ini ringkasan riset-riset yang mengungkap khasiat jinten hitam.

Kuatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jinten hitam dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Efektifitasnya hingga 72 % jika dibandingkan dengan plasebo yang cuma 7 %. dengan demikian mengonsumsi jintan hitam dapat meningkatkan kekebalan tubuh (jurnal Pharmasetik Saudi yang dipublikasikan oleh Dr. Basil Ali dan koleganya dari Collage of Medicine Unitersitas King Faisal tahun 1993).
Keampuhan ekstrak jintan hitam juga diakui oleh Prof. G Reimuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, jintan hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian jintan hitam dapat dijadikan obat untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti kanker dan AIDS.


Tingkatkan Daya Ingat, Konsentrasi

Dengan kandungan asam linoleat omega-6 dan asam linoleat omega-3, jinten hitam nutrisi bagi sel otak dan berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, dan juga memperbaiki mikro peredaran darah ke otak, sangat cocok diberikan kepada anak usia pertumbuhan dal lansia.


Tingkatkan Bioaktifitas Hormon

hormon adalah zat aktif yang hasilkan oleh kelenjar endroktrin yang msuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan jintan hitam adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormon.

Netralkan Racun dalam Tubuh

Racun dapat mengganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala keracunan ringan dapat berupa diare, pusing, gangguan pernafasan, dan menurunkan daya konsentrasi. jintan hitam mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

Atasi Insomia Stres

Saponin yang terdapat dalam jintan hitam memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein, dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stres.

Antihistamin

Histamin adalah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dari jintan hitam dapat mengisolasi ditymoquinone, minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif penderita asma broncial.

Perbaiki Saluran Pencernaan dan Antibakteri

Jintan hitam mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare.

Melancarkan ASI

Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak jintan hitam dapat melancarkan ASI.

Nutrisi Ibu Hamil dan Balita
Kandungan Omega 3, 6, 9 yang terdapat pada jintan hitam merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

Antitumor

Pada kongres kanker Internasional di New Delhi, minyak habbatussauda diperkenalkan ilmuwan kanker Immono Biologi Laboratory dari California Selatan, habbatussauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.

Nutrisi

Jintan hitam kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi, sangat ideal untuk lansia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun. Jintan hitam mengandung 15 macam asam amino penyusun isi protein termasuk didalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup oleh karena itu dibutuhkan suplemen tambahan, jintan hidam dapat mencukupinya.


Send big files the easy way with sendspace

Artikel yang sama

1 komentar:

  1. blog yang sangat bermanfaat,lanjutkan karya anda juragan.
    ijin sedot artikelnya ya gan..

    BalasHapus

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda