17 Des 2010

Resep Alami Atasi Maag

Sakit maag kerap diremehkan. Bila hal ini terus dibiarkan, akan berakibat semakin parah dan akhirnya asam lambung akan membuat luka-luka (ulkus) yang dikenal dengan tukak lambung. Untuk mengatasinya, cobalah beberapa resep alami ini :

Resep 1

Sediakan 30 gram temulawak, 25 gram kencur, 20 gram kunyit, 7 gram kulit jeruk mandarin kering, 80 gram lidah buaya di kupas kulitnya, 1 sendok teh adas, 5 butir kapulaga. Semua bahan dicuci, temulawak, kencur dan kunyit dipotong-potong lalu semuanya direbus dengan 600cc air hingga 200 cc, disaring tambahkan madu, kemudian diminum. Ampasnya dapat direbus untuk 1 kali perebusan kembali pada sore harinya. Lakukan secara teratur.

Resep 2

Sediakan kacang hijau 1/4 kg. Kacang hijau dicuci bersih, kemudian dijemur/keringkan. Setelah itu digoreng tanpa menggunakan minyak/sangrai hingga matang.Setelah matang angkat dan tumbuk hingga halus. Hasil tumbukan tadi digunakan sebagai ramuan. Setiap hari gunakan satu sendok makan bubuk kacang hijau tadi dicampur air putih segelas.

Resep 3

Minum rebusan campuran kunyit dan kayu manis yang telah dicuci terlebih dahulu. Irislah 5 jari kunyit ukuran besar kira-kira 1 mm kemudian tambahkan 2 potong kayu manis kira-kira masing-masing 5 cm. Rebuslah dari 3 gelas menjadi 1 gelas dalam bejana yang tidak terbuat dari aluminium. Air rebusan dari bening menjadi merah. Minumlah air rebusan tadi pada saat maag terasa, harus habis 1 gelas.

Resep 4

Resep ini bisa menggunakan kunyit biasa atau kunyit putih. Ambil 1 sendok teh kunyit bubuk seduh dengan 1 cangkir air hangat. Tambahkan 2 sendok teh madu, diaduk-aduk hingga tercampur rata, segera minum. Dapat diminum 1 kali sehari pada pagi hari sebelum makan.

Resep 5

Menggunakan singkong. Dapat langsung dimakan mentah-mentah ataupun direbus terlebih dahulu. Atau, singkong yang telah dikupas dan dicuci bersih diparut, lalu rendam dengan air matang, diamkan 1 - 1,5 jam. Ambil air sarinya lalu diminum, bisa 2 kali sehari setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Resep 6

Memakai labu kuning atau labu parang. Pilih yang mengkal untuk dikukus dan dimakan.

Resep 7

Mengkonsumsi pisang raja dapat mengurangi sakit maag. Kandungan penetral zat asam alami pada buah pisang dapat membantu menetralkan zat asam pada lambung bagi penderita sakit maag.

Resep 8

Ambil bawang lanang, yaitu bawang putih yang tumbuh sendirian, tidak bergerombol. Iris-irislah bawang putih tersebut menjadi beberapa potongan kecil, lalu kunyahlah secara langsung sampai halus. Lakukan pengobatan ini setiap hari 3 kali sampai sembuh.

Resep 9

Ambil tanaman meniran (daun, batang dan akar) direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal setengah. Minum 3 kali sehari.


Send big files the easy way with sendspace


Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda