28 Des 2010

Resep Herbal Untuk Gagal Ginjal

Gagal Ginjal 

Pengertian

Ginjal adalah organ tubuh yang sering disalah artikan oleh banyak orang, bahwa ginjal menyerupai saringan santan. Akan tetapi ginjal sebenarnya adalah sistem pembuluh darah.

Sehingga bila terjadi kerusakan pembuluh darah, pada ginjal juga terjadi kerusakan.Ginjal sendiri memiliki banyak fungsi seperti filtrasi, re-absorsi dan ekskresi. Jantung memompa 15.000 lt/hari keseluruh tubuh dan sekitar 25 % (sekitar 4.000 lt/hari) mengalir ke ginjal. Dan ginjal akan mengekstraksi sekitar 170 ml/menit filtrat yang berupa sel darah, plasma, dan lain-lain. Kemudian filtrat diekstraksi kembali menjadi urine menjadi 1500 cc/hari.

Sebagai salah satu alat ekskresi zat-zat yang tidak terpakai lagi dalam tubuh, selain paru-paru dan usus, ginjal punya peran begitu penting dalam tubuh. Fungsi filtrasi dengan mengekstraksi 170 ml/menit dan diekstrak kembali oleh ginjal yang merupakan fungsinya sebagai re-absorbsi. Bisa dibayangkan tanpa fungsi re-absorbsi ginjal berapa banyak urine yang dihasilkan. Ginjal juga berfungsi untuk menjaga asamdan basa dari tubuh. Hal ini dikarenakan apapun yang dimakan akan memproduksi asam, sementara darah tidak diperbolehkan terlalu asam (pH = 7,44).

Hipertensi dan diabetes merupakan penyakit dari endotel (lapisan pembuluh darah). Sementara ginjal juga memiliki banyak endotel dan bila endotel mengalami kerusakan maka ginjal juga ikut rusak. Penyakit ginjal 80 % tidak terasa, tanda yang bisa dipakai adalah melalui pemeriksaan darah dan urine. Pemeriksaan darah bisa dilihat dari urium dan kreatinin apakah pada keadaan normal atau tidak?. Bila kedua indikasi melewati batas normal maka diperkirakan terjadi sesuatu pada ginjal. Indikasi normal urium adalah 40 mgr/dl dan untuk kreatinin 1,5 mgr/dl. Pemeriksaan urine juga menjadi indikasi penyakit ginjal bila urine mengandung protein/albumin. Pemeriksaan menandakan positif maka ada gangguan pada ginjal. Pada penderita diabetes pemeriksaan urine mesti dilakukan rutin bila positif mengandung mikro albumin maka ada kerusakan pada endotel.

Gagal ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.

Pasien sebaiknya waspada jika mengalami gejala-gejala seperti: tekanan darah tinggi, perubahan jumlah kencing, ada darah dalam air kencing, bengkak pada kaki dan pergelangan kaki, rasa lemah serta sulit tidur, sakit kepala, sesak, dan merasa mual dan muntah. 

Setiap orang dapat terkena penyakit ginjal, namun mereka yang disarankan melakukan pemeriksaan dini adalah orang yang memilik faktor risiko tinggi, yakni mereka yang memiliki riwayat darah tinggi di keluarga, diabetes, penyakit jantung, serta ada anggota keluarga yang dinyatakan dokter sakit ginjal.

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi ginjal kita. Yang paling umum adalah pemeriksaan urin. Adanya protein atau darah dalam kencing menunjukkan kelainan dari ginjal.

Penyebab Gagal Ginjal

Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang diderita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya :

  • Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)
  • Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
  • Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/struktur)
  • Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
  • Menderita penyakit kanker (cancer)
  • Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
  • Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah ; Kehilangan carian banyak yang mendadak ( muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan dan Amiloidosis.

Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal 2 macam jenis serangan gagal ginjal, akut dan kronik.

Tanda dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal 

Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain : Bengkak mata, kaki, nyeri pinggang hebat (kolik), kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah /darah, sering kencing. Kelainan Urin: Protein, Darah / Eritrosit, Sel Darah Putih / Lekosit, Bakteri.

Sedangkan tanda dan gejala yang mungkin timbul oleh adanya gagal ginjal kronik antara lain : Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi.

Kelainan urin: Protein, Eritrosit, Lekosit. Kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin: protein selalu positif.

Penentuan Diagnosa Gagal Ginjal 

Seorang Dokter setelah menanyakan riwayat kesehatan penderita dan tanda serta gejala yang timbul, untuk menentukan adanya/terjadinya kegagalan fungsi ginjal maka Beliau akan melakukan pemeriksaan fisik yang difokuskan pada kemungkinan pembesaran organ ginjal atau pembengkakan sekitar ginjal. Apabila dicurigai terjadinya kerusakan fungsi ginjal, maka penderita akan dikonsultasikan kepada seorang ahli ginjal (Nephrologist).

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan laboratorium baik darah ataupun urine guna melihat kadar elektrolit sodium dan potassium/kalium. Pada kasus-kasus tertentu tim medis mungkin melakukan pemasangan selang kateter kedalam kantong urine (bladder) untuk mengeluarkan urine. Bila diperlukan, Tim medis akan menyarankan pemeriksaan pengambilan gambar struktur ginjal dengan metode Ultrasound, Computed tomography (CT) scans atau dengan cara Magnetic Resonance Imaging (MRI) scans. Bahkan ada kemungkinan dilakukannya tindakan biopsy, yaitu pengambilan contoh (sample) jaringan ginjal.

Pengobatan dan Penanganan Gagal Ginjal 

Penanganan serta pengobatan gagal ginjal tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Sebagai contoh, Pasien mungkin perlu melakukan diet penurunan intake sodium, kalium, protein dan cairan. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.

Seseorang yang mengalami kegagalan fungsi ginjal sangat perlu dimonitor pemasukan (intake) dan pengeluaran (output) cairan, sehingga tindakan dan pengobatan yang diberikan dapat dilakukan secara baik. Dalam beberapa kasus serius, Pasien akan disarankan atau diberikan tindakan pencucian darah (Haemodialisa/dialysis). Kemungkinan lainnya adalah dengan tindakan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal.

Tindakan Pencegahan Terserang Penyakit Ginjal 

Kita yang dalam kondisi “merasa sehat” setidaknya diharapkan dapat melakukan pemeriksaan kedokter/kontrol/laboratorium. Sedangkan bagi mereka yang dinyatakan mengalami gangguan Ginjal, baik ringan atau sedang diharapkan berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan seperti obat rematik, antibiotika tertentu dan apabila terinfeksi segera diobati, hindari kekurangan cairan (muntaber), kontrol secara periodik. 

Resep Herbal Untuk Gagal Ginjal

walau telah banyak uang yang harus di keluarkan untuk melakukan cuci darah,tetapi jarang orang yg berhasil tersembuhkan dari penyakit yang satu ini, nah di sini saya ada resep herbal untuk gagal ginjal dan siapa tahu berguna.
  • 15lembar daun kumis kucing
  • 3,lembar daun ngokilo
  • 4,lembar daun dewa
  • 1,jari rimpang daun dewa
  • 3,iris lempuyang
  • 20,lembar pegagan
  • 2,sendok teh daun meniran
  • air 3,5 gelas 

Rebus seluruh bahan tersebut di atas hingga airnya tersisa menjadi 2 gelas.hasil rebusannya di minum pagi dan sore masing-masing 1gelas,lakukan selama 5-7 hari berturut-turut.

Selanjutnya pada hari ke 6 atau ke 8 (setelah mengkonsumsi ramuan tersebut di atas) berikan penderita ramuan sebagai berikut:
  • 7 lembar sambang darah
  • 8 gram ayapana(cleopatra sp)kering
  • 7 gr daun meniran basah
  • air 22cc

Rebus semua bahan di atas api yg sedang selama 20 menit,dan minum pada sore hari sekali.lakukan selama 5-7 hari berturut-turut. Selamat mencoba. Semoga Bermanfaat.


Send big files the easy way with sendspace

Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda