10 Des 2010

11 Makanan Bikin Jantung Sehat

Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, karena jantung diperlukan untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Karena itu, jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu yang perlu dihindari adalah penyakit jantung koroner yang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan serangan jantung. Untuk melakukannya, kita perlu mengetahui bagaimana caranya agar jantung kita tetap sehat, apa yang harus dihindari dan apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Nah disini ada beberapa makanan yang bisa membuat jantung kita jadi sehat.

1. Alpukat

Buah yang kaya lemak nabati ini sangat baik untuk jantung. Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat juga dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

2. Minyak Zaitun

Hampir tak ada yang meragukan khasiat minyak zaitun. Kaya dengan minyak tak jenuh ganda, minyak zaitun ampuh menurunkan LDL dan menurunkan resiko penyakit jantung. Cari yang bertipe minyak virgin sebab paling sedikit melalui proses kimia.

3. Kacang

Kenari, kacang hazel, macdemia dan mede sangat kaya dengan omega-3 serta lemak tak jenuh ganda dan tunggal. Kenari bahkan kaya serat yang baik untuk diet dan seperti minyak zaitun, merupakan sumber yang kaya lemak sehat. Hanya jangan mengonsumsi berlebihan sebab beresiko menaikan asam urat.

4. Beri-Berian

Blueberry, raspberry, stroberry dan apapun jenis beri yang kita kenal sangat kaya zat antiperadangan yang akan mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Blackberry dan blueberry khususnya, sangat luar biasa. Namun semua beri sangat baik untuk kesehatan otot jantung karena kaya akan serat dan vitamin C.

5. Biji-Bijian

Kacang merah, kacang polong, kacang hijau, mereka memiliki omega-3, kalsium dan serat larut air yang tinggi.

6. Bayam

Bayam membantu detak jantung dalam kondisi terbaik karena kandungan lutein, folat, potassium dan serat tinggi. Warnanya yang gelap berasal dari berbagai macam phyto-chemical, vitamin dan mineral (khususnya folat dan besi) yang berperan melawan penyalit, melindungi dari penyakit jantung, serta mempertajam pandangan mata.

7. Kedelai

Kedelai merupakan sumber makanan yang kaya protein untuk diet sehat bagi jantung. Diet yang kaya protein kedelai bisa menurunkan tri-gliserida sehingga membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan menjaga jantung tetap kuat dan sehat.

8. Asparagus

Asparagus kaya akan saponin, sebuah senyawa fito-kimia yang menghambat pertumbuhan kanker, sebagai antioksidan, mempunyai sifat menghambat pertumbuhan mikroba, menurunkan kolesterol darah, menurunkan kadar glukosa darah, bersifat antibiotik danh menimbulkan efek meningkatkan kekebalan tubuh. Asparagus juga mengandung nutrisi antiinflamasi seperti folat, vitamin C dan D.

9.Cokelat

Cokelat mampu menurunkan kadar LDL dan trigliserida, meningkatkan HDL. Dilaporkan juga bahwa kakao mengandung antiseptik, fenol, senyawa antiinflamasi yang membuat lemak teroksidasi dalam aliran darah sehingga menyumbat pembuluh darah. Ingat bahwa cokelat murni seperti dark chocolate yang sehat.

10. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kadar koffein lebih rendah dibanding dengan teh hitam atau teh oong dan sangat mudah dalam penyajiannya. Meski begitu, ketiga teh di atas mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, E dan flavonoid (senyawa organik yang mampu melarutkan karsinogen dan melawan sel kanker).

11. Jeruk

Flavanol biasa dikenal sebagai antioksidan aktif dalam jeruk mampu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.


Send big files the easy way with sendspace

Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda