29 Des 2010

Beberapa Resep Madu Untuk Kesehatan

Madu  adalah cairan alami yang umumnya mempunyai rasa manis, yang dihasilkan  oleh lebah madu dari sari bunga tanaman atau bagian lain dari tanaman  atau ekskresi serangga. Madu  merupakan makanan yang sangat berguna bagi pemeliharaan kesehatan,  kosmetika, dan farmasi. 

Manfaat  madu telah dikenal sejak zaman dahulu. Peradaban kuno menganggap madu  sebagai makanan dewa karena bisa membuat manusia berusia panjang.  Pengobatan dengan madu telah dikenal orang Mesir sejak 2600 sebelum  masehi. Madu digunakan sebagai obat antiseptik untuk mengobati luka oleh  bangsa Yunani, Romawi, Assyria, dan Cina kuno. Bangsa Jerman pun  memakainya ketika Perang Dunia II. 

Di bawah ini ada beberapa resep pengobatan tradisional yang menggunakan madu.

1. Diare ( I )

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

    * Madu Lebah: 1 sendok besar
    * Air gandum: secukupnya

Cara penyajiannya: Air gandum dan madu dicampurka, kemudian diminumkan beberapa kali kepada penderita.

2. Diare ( II )

Campurkan 4 sendok besar madu lebah dengan 2 sendok besar rendaman sarang lebah yang telah direndam selama sehari penuh di dalam air bersama 2 sendok besar larutan jintan hitam ( yang sudah direbus dan disaring )

Pada tahap awal, minumlah 4 sendok besar ramuan ini. Pada tahap selanjutnya minum 2 sendok besar 3 kali sehari sampai diare sembuh. Jangan lupa mantapkan semua dengan doa menurut keyakinan anda.

3. Insomnia ( I )

Jika anda mengalami susah tidur tidak ada salahnya bukan untuk mencoba resep berikut ini:

Bahan-bahan:

    * Bunga Babung: 2 sendok teh
    * Madu lebah: 1 sendok besar

Cara menyajikannya; Bungan babung dan mint direndam. Kemudian keduanya dilarutkan bersama madu lebah. Ramuan ini kemudian anda minum pada sore hari.

4. Insomnia ( II )

Siapkan wadah kaca yang diisi dengan segelas madu. Kemudian masukkan 3 sendok teh cuka apel. Simpan ramuan di dalam kamar tidur. Minum 1 sendok penuh ramuan ini sebelum tidur untuk menghilangkan insomnia. Ramuan ini dapat kembali diminum beberapa saat jika masih sulit tidur.

5. Insomnia ( III )

Minumlah 1 gelas susu hangat yang telah dicampur dengan 1 sendok besar madu. Lakukan sesaat sebelum tidur.

6. Luka dan Radang

Segera siapkan:

    * Tepung jagung atau gandum
    * Madu lebah

Bahan yang telah anda siapkan ini, tepung dan madu dalam perbandingan yang setara dicampur dan diaduk hingga tercampur sempurna. Gunakan campuran ini sebagai obat oles pada luka dan radang yang anda derita.

7. Batuk ( I )

Penyakit yang satu ini sangat mudah menyerang tubuh kita. Tapi jangan kawatir karena bisa diredakan dengan 1 butir buah lemon dan madu secukupnya. Buah Lemon tersebut direbus dengan air selama 5-10 menit. Kemudian dibelah menjadi 2 bagian lalu diperas di dalam gelas. Tambahkan madu pada air perasan tersebut sampai penuh satu gelas. Aduk sampai tercampur sempurna.

Untuk orang dewasa dapat mengkonsumsi 1 sendok makan pada Pagi, Siang dan Malam hari. Sedangkan untuk anak-anak hendaknya takarannya dari sendokmakan diganti dengan sendok teh.

8. Batuk ( II )

Campurkan 1 ons madu, 2ons glyserin, dan sari buah lemon. Aduk sampai rata lalu msukkan dalam botol. Minum ramuan tersebut setiap kali anda batuk.

9. Batuk yang berkelanjutan

Campur bhan berikut ini dengan sempurna, 1 sendok besar madu lebah dengan 1 sendok besar sari lemon. Minumlah sesuai dengan kebutuhan. Ramuan ini bisa diperbanyak dengan syarat perbandingan madu lebah dan sari lemon tetap seimbang.

10. Batuk Parah

Ambil 1/4 gelas madu lebah, 1 sendok besar sari lemon dan 1 sendok besar glyserin steril. Semua bahan tersebut dicampur rata dalam wadah kaca. Ramuan ini bisa dikonsumsi setiap 2 jam sekali atau sesuai kebutuhan anda.

11. Batuk akibat Merokok

Madu dapat digunakan untuk meringankan batuk, khususnya bagi perokok. Cara penggunaannya dengan memasukkan 4 sendok biji rami ke dalam air yang dipanaskan selama 3 jam dalam panci yang trtutup. Air rebusan ini kemudian disaring dan lalu ditambahkan sari lemon dan madu lebah 1 sendok besar. Ramuan ini bisa diminum 1 sendok saat terjadi serangan batuk.

12. Batuk dan Sakit Paru-Paru

Untuk mengobai batuk, larutkan 1 gelas madu yang steril sampai benar-benar larut selama 1/2 jam bersama 1 sendok teh jahe dan perasan 1 buah lemon. Untuk mengobati batuk ringan, madu tanpa campuran bahan lain dikonsumsi setiap sebelum sarapan pagi,

Pada kondisi ketika dada terasa berat, batuk-batuk,dan suara menjadi serak, dapat diminumkan madu yang sudah dicampur dengan bawang. Bawang yang direndam di dalam larutan cuka di dalam botol, larutan ini kemudian disaring dengan kain halus, untuk kemudian dicampurkan dengan madu dalam jumlah yang setara.

Untuk mengobai batuk pada musim semi, dapat diminum 1 sendok sari bawang yang telah direbus bersama madu beberapa kali dam 1 hari.

Sari lobak juga dapat digunakan bersama madu untuk mengobati batuk, suara serak, dan untuk menghilangkan dahak (sputum). Dan juga dapat digunakan untuk mencegah timbulnya batu ginjal.

13. Radang dan nyeri tenggorokan

Siapkan Glyserin Steril 2 sendok besar, Madu lebah 2 sendok besar, Sari lemon 2 sendok besar dan serbuk jahe 1/2 sendok besar. Semua bahan tersebut diletakkan dalam satu wadah. Dicampur rata dan direbus dengan air sampai madu dan glyserin benar-benar mencair. Setelah itu dinginkan sambil diaduk hingga merata sempurna. Larutan ini baru bisa digunakan setelah hangat atau suhunya turun.

14. Kanker

Untuk mengobati kanker, minumlah 100 miligram royal jelly yang diambil langsung dari sarang lebah sekali setiap minggu. Minumlah madu yang masih bersama sarang lebahnya sebanyak 1 gelas setiap hari dan gunakan madu yang telah dicampur dengan minyak zaitun untuk mengurut badan. Setelah itu mandilah dengan menggunakan air hangat. Sesudah itu minumlah campuran jintan hitam, madu, dan jus wortel setiap hari. Resep ini dapat digunakan untuk melindungi serta mencegah pertumbuhan kanker.

15. Untuk meningkatkan Gairah Seksual
Madu memiliki kandungan bahan-bahan yang memiliki hubungan dengan peningkatan gairah seksual, seperti: asam aspartik, hormon dalam jumlah kecil dan vitamin H. Di dalam ilmu kedokteran, madu yang disajikan bersama tanaman tribulus kepada para pengantin baru dengan tujuan untuk memunculkan gairah seksual dan menjaga ereksi. Hal ini dibantu oleh tanaman tribulus. Madu juga dapat memunculkan gairah seksual. Ramuan ini bisa disebut dengan bir madu. Ramuan yang disajikan dengan menceburkan 2 sendok tanaman tribulus ke dalam bejana yang berisikan air mendidih selama 1 menit. Kemudian air ini disaring dan dicampur dengan sesendok madu.

Akhirnya sampai juga pada tahap akhir kumpulan resep ini. Bila banyak kekurangan mohon dimaafkan. Jika ada masukan atau tambahan….dengan senang hati kita terima. Dengan begitu akan lebih memperkaya lagi pengetahuan kita akan kegunaan Madu.

16. Influenza  

hiruplah uap madu yang direbus bersama bawang sebelum tidur. Kemudian minumlah 1 sendok madu sesudah makan.

Tehnik merebusnya adalah: masukkan madu secukupnya beserta bawang yang telah dikupas ke dalam bejana yang sudah diisi dengan air. Panaskan diatas api sedang hingga uap keluar.

17. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Madu memiliki keunikan tersendiri terlebih jika dikombinasikan dengan tepat dan seimbang maka hasil yang kita dapat bisa diluar jangkaun kita.

Ambil 1 sendok lemak simsim ( sesame ), kemudian campurkan dengan 1 gelas madu. Minum ramuan ini pada pagi hari. Untuk malam hari minumlah madu yang dicampur dengan segelas susu dan ditaburi biji amber. Lakukan semua ini setiap hari selama 3 hari berturut-turut sambil berpantang makan daging.

18. Kanker Rahim

Campurkan 2 sendok besar madu dengan 1 sendok teh tepung jintan hitam. Aduk sampai rata sempurna. Perempuan yang yang menderita kanker rahim hendaknya mengkonsumsi ramuan ini setiap 6 jam tiap hari selama kurang lebih 2 tahun. Resep ini dapat bermanfaat untuk menghambat penyebaran kanker di dalam rahim ke organ tubuh lainnya, atau untuk mencegah terjadinya pembengkakan akibat kanker.

19. Madu dan Kecantikan Kulit

Sejak dahulu kala, madu telah dianggap sebagai sumber kecantikan. Larutan madu yang dicampurkan dengan susu dapat digunkan untuk memberi asupan gizi pada kulit, memutihkan, melembutkan, dan melindunginya dari mikroba.

Para wanita di Jepang biasa menggunakan larutan yang telah diberi madu untuk mencuci tangan. Sedang di Cina, madu diolah menjadi pasta yang dicampur dengan tepung biji jeruk untuk membersihkan kulit.

Pasta yang terbuat dari madu, tepung buah badam, biji plum dan aprikot, dapat melembutkan tangan. Untuk tujuan yang sama, digunakan pula campuran madu, shafar putih, dan minyak badam. Orang-orang Rusia biasa menggunakan masker yang mengandung madu untuk menyegarkan, menyingkirkan kerutan, dan mempercantik kulit wajah.

Untuk kulit bekas luka bakar, dapat digunakan madu yang dicampur dengan vaselin untuk dioleskan ke daerah bekas luka terbakar pada pagi dan malam hari sampai kulit yang terbakar terkelupas. Jika proses ini berjalan normal maka anda akan melihat kulit anda pulih seolah tidak pernah menderita luka bakar. Atau dapat juga dengan menggunakan telur yang sudah dicampur dengan madu untuk kemudian dioleskan pada bekas lukabakar setiap hari.

20. Merawat Kecantikan dan Keindahan Wajah

Olesi seluruh wajah dengan madu dan relakskan tubuh anda dengan berbaring dalam tempo 1/4 jam. Kemudian basuhlah wajah dengan air hangat lalu keringkan. Setelah itu oleskan sedikit minyak zaitun. Lakukan proses ini selama beberapa kali dalam waktu satu minggu. Hasilnya wajah anda akan terlihat lebih bersih, bersinar dan merah merona. Namun ingat, lakukan semua ini dengan proses yang tepat dan benar. Jangan terlalu berlebihan karena ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Intinya tekun, telaten, sabar dan tawakal dalam menjalani terapi ini.



Send big files the easy way with sendspace


Artikel yang sama

1 komentar:

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda