20 Jan 2011

Cegah Diabetes dan Kegemukan Dengan Kedelai Hitam

Makan kedelai hitam dengan secara teratur mungkin dapat mencegah kondisi kegemukan bahkan menurunkan risiko dari serangan diabetes. Meski baru terbukti pada binatang percobaan tikus tapi saran ini patut dipertimbangkan karena dapat cegah diabetes dan kegemukan dengan kedelai hitam ini.

Didalam penelitian yang dimuat didalam Journal of the Science of Food and Agriculture edisi bulan Februari, suatu tim peneliti dari Korea Selatan mempelajari pengaruh diet kedelai hitam terhadap 32 buah ekor tikus. Setiap hari tikus-tikus tersebut diberi makan sebanyak-banyaknya hanya dengan kandungan kedelai hitam yang sangat bervariasi.


Setelah dua minggu kemudian, tikus yang mendapatkan 10 persen energinya dari kedelai hitam tersebut mengalami keadaan kenaikan berat badan yang tidak terlalu banyak hanya setengah dari kenaikan berat badan tikus kontrol. Tingkat kadar kolesterol di darah tikus tersebut juga 25 persen lebih rendah. Demikian pula dengan tingkat kolesterol LDL yang merugikan, kadarnya hanya 10 persen lebih rendah.

Menurut David Bender, wakil dekan di Royal Free and University College Medical School, London, Inggris, protein pada kedelai hitam mungkin dapat menurunkan produksi asam lemak dan kolesterol. Dan protein tersebut dapat berperan ketika lemak diuraikan didalam hati dan jaringan lemak. Penemuan ini menjelaskan mengapa makanan tradisional di beberapa negara Asia memanfaatkan kedelai hitam untuk melawan diabetes.

Permasalahan utama diabetes tipe 2, yang banyak menyerang penduduk dunia adalah karena rusaknya kerja insulin karena jaringan lemak yang terbentuk terlalu berlebihan. Oleh karena itu dengan pembentukan jaringan lemak yang lambat dan berat badan tidak terlalu cepat naik, serta pengendalian glikemi atau pengaruh makanan terhadap kadar gula darah juga semakin baik.


Send big files the easy way with sendspace

Artikel yang sama

1 komentar:

  1. waaahh... nice info nih..

    kalau mau tau rasa dan manfaat dari kedelai hitam bisa dengan cara mencoba produk kita looh.

    kunjungi website kita http://blackbe-indonesia.com/

    atau follow @blackbeindo

    *TRIMS*

    BalasHapus

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda