8 Jan 2011

Shiatsu Untuk Jantung

Shiatsu adalah ilmu yang dikembangkan dari tradisi oriental dalam bidang penyembuhan yang berkerja di tingkat yang sangat mendalam untuk menciptakan keseimbangan dalam sistem tubuh vital atau dikenal sebagai Chi. Energi penting (chi) menghubungkan tubuh, pikiran dan roh.

Dalam bahasa Jepang, shiatsu berarti tekanan jari. Dalam prakteknya, teknik pijat ini menitik beratkan pada aliran chi atau energi kehidupan yang mengalir diseluruh tubuh. Shiatsu mirip pijat pada umumnya, bedanya dalam shiatsu, pemijatan dilakukan dengan menggunakan sistem perabaan tertentu.

Asal mula shiatsu dapat ditelusuri dari pengobatan Cina kuno yang berkembang sekitar 2000 tahun lalu. Penelusuran itu berisi informasi tentang penyebab sejumlah penyakit dan cara penyembuhannya, di antaranya dengan mengubah pola makan dan gaya hidup, disamping akupuntur dan pijat. Dalam saluran-saluran khusus meridian, akupuntur menggunakan jarum, sedangkan shiatsu memakai rabaan dengan tangan pada titik-titik akupuntur.


Rabaan ini dapat mengakibatkan ratusan gejala sakit menjadi berkurang. Ketika kita menderita kegelisahan, stres, sakit kepala, salit atau sembelit, masalah itu adalah sebuah gejala dari cedera komplek jaringan vital. Bila muncul gejala-gejala ini adalah tanda bahwa di suatu tempat di tubuh kita telah habis energi chinya (kyo di Jepang). Pengurangan chi ini membuat reaksi pada tubuh dan berakibat ketidakseimbangan energi dalam tubuh.

Beriku ini titik-titik shiatu untuk menguatkan jantung. Anda bisa melakukan terapi sendiri dirumah.

Satu. Jari-jari direnggangkan. Taruh tangan kanan sedemikian rupa sehingga jari telunjuk, tengah dan manis berada diantara tulang-tulang rusuk dada kiri. Lalu pijat setiap celah tulang rusuk itu mulai daerah pertemuan tulang rusuk dengan tulang dada. Pemijatan dari atas ke bawah.

Dua. Masih dengan 3 jari tangan, pijatlah titik-titik yang terdapat disepanjang alur pertemuan tangan dengan dada.

Tiga. Selanjutnya, dengan ibu jari tangan kanan, pijatlah titik ketiak, lalu tekanlah kearah leher. Ulangi 2 kali.

Empat. Dengan ibu jari pijatlah kedelapan titik yang terdapat di sisi bawah tulang hasta, mulai siku hingga pergelangan tangan. Tekanlah kearah leher. Ulang 2 kali.

Lima. Berikutnya, pijat jari kelingking tangan kiri dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk tangan kanan, mulai dari pangkal hingga ujung jari kelingking. Ulangi prosedur tersebut pada jari manis tangan kiri.

Enam. Taruhlah tangan kiri di atas bahu kanan, kemudian pegang punggung kiri dengan tangan kanan. Dengan 3 jari, pijatlah titik-titik yang terletak di antara bidang bahu dan tulang belakang. Kemudian pijatlah titik-titik yang terdapat di pinggir bidang bahu.

Tujuh. Selanjutnya peganglah pangkal jari kelingking tangan kiri dengan tangan kanan. Dengan memiringkan badan sedikit ke arah kanan, rengangkanlah tangan kiri di atas kepala selama sepuluh detik. Ulangi prosedur yang sama, tetapi dengan memegang jari kelingking dan manis sekaligus.

Delapan. Dengan tiga jari tangan kanan, pijatlah titik bahu atas (terletak dipangkal leher).

Sembilan. Terakhir pijatlah titik solar pleksus (terletak di daerah abdomen, tepatnya di bawah tulang iga), dengan terlapak tangan. Ulangi sekali lagi.


Send big files the easy way with sendspace

Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda