2 Jan 2011

Anggur Untuk Kesehatan

Anggur diperkirakan merupakan tanaman tertua yang dibudidayakan manusia. Buktinya, dalam mumi di Mesir yang telah berusia lebih dari 3.000 tahun ditemukan biji-biji anggur yang diduga merupakan bekal kematian. Sedangkan praduga lainnya berasal dari sekitar Laut Hitam dan Laut Kaspi, kemudian menyebar ke Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa, selanjutnya ke Asia termasuk Indonesia.

Secara umum, anggur merupakan tanaman yang merambat. Ketinggian tempat yang baik adalah tidak lebih dari 300 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia, tanaman anggur telah dibudidayakan secara luas di Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Palu, Malang, Pasuruan, Panarukan, Buleleng, dan Kupang. Menurut Food and Agriculture Organization (FAO), 71 persen dari total produksi anggur dunia digunakan untuk pembuatan wine, 27 persen sebagai buah segar, dan 2 persen sebagai buah kering.

Berikut khasiat buah anggur :

1. Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid pada buah anggur terdiri dari dua jenis, yaitu quercitin dan resveratrol. Resveratrol pada anggur juga terbukti dapat menghambat endothelin-1 (ET-1). Untuk jenis anggur merah ini kaya akan gizinya.

2. Mengobati Gangguan Pencernaan karena mengandung magnesium.

Perjalanan anggur sebagai makanan obat ternyata telah berawal pada zaman Mesir kuno. Selain disajikan sebagai buah meja di lingkungan Kekaisaran Yunani dan Mesir Kuno, buah anggur telah dimanfaatkan sebagai bagian dalam pengobatan alami gangguan pencernaan

3. Sebagai penggelontor kotoran (buang air besar) 

Lantaran kandungan serat kasarnya yang malimpah dalam kulit buah dan zat pencahar ringan (laksatif) yang terdapat dalam buah anggur, menurut Dr Bernard Jensen, penulis buku laris Eating Right For Health, Vitality, and Longevity dalam bukunya yang lain yakni Foods That Heal.

4. Meningkatkan energi dalam tubuh

Karena kandunag zat besi dan mineral penyusun sel-sel darah merah yang merupakan pengangkut sumber energi untuk jenis anggur yang berwarna gelap.

5. Mencegah kanker 

Keampuhan resveratrol alami dalam buah anggur ini sudah terbukti lewat kemampuannya mengganyang sel-sel kanker dalam tiga tahapan. Bila anggur lebih dini dikonsumsi, resveratrol sudah akan beraksi meredam kerusakan DNA dalam sel pada tahap awal pertunasan sel benih kanker.

6. Mencegah Penuan dini 

Biji anggur memiliki kekuatan antioksidan yang dipunyai vitamin A, C, dan E. Dr Masquelier (Majalah Nirmala, cybermed.cbn.net.id).

7. Mencegah Kerusakan pada Gigi dengan kandungan tanin dalam anggur. 

Sementara buat anda yang perokok, mengkonsumsi anggur juga sangat disarankan. asam elegat dalam anggur mampu menghancurkan hidrokarbon, senyawa penyebab kanker yang disebabkan asap rokok.

8. Menjaga kesehatan pria 

Dalam anggur merah terdapat mineral mikro yakni mangan dan seng untuk menjaga libido seks pria, menjaga kesuburan pria, serta mencegah dan membantu mengatasi peradangan prostat.

9. Mengurangi gejala insomnia/sulit tidur. 

Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang dikenal bisa membantu mengatur jam biologis manusia. Hormon melatonin umumnya akan muncul di malam hari, sehingga mengantarkan orang untuk tertidur pulas.

Komponen Gizi Kadar per 100 gram

Energi (kkal) 69, Protein (g) 0,72, Lemak total (g)  0,16, Karbohidrat (g)  18,1, Serat total (g) 0,9, Gula total (g)15,48, Kalsium (mg) 10, Besi (mg) 0,36, Magnesium (mg) 7, Fosfor (mg) 20, Kalium (mg) 191, Natrium (mg) 2, Seng (mg) 0,07, Tembaga (mg) 0,13, Mangan (mg) 0,07, Selenium (mg) 0,1, Vitamin C (mg) 10,8, Thiamin (mg) 0,07, Riboflavin (mg) 0,07, Niacin (mg) 0,19, Vitamin B6 (mg) 0,09, Folate total (mkg) 2, Vitamin A (mg) 66, Vitamin E (mg) 0,19, Vitamin K (mkg) 14,6.


Send big files the easy way with sendspace


Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda