19 Jan 2011

Manfaat Lidah Buaya

Tumbuhan lidah buaya banyak kita temukan di sekitar kita karena lidah buaya tumbuh Iiar di tempat yang berudara panas tapi sering juga kita temui ditanam di depan rumah, di pot dan pekarangan rumah sebagai tanaman penghias rumah.

Daunnya yang meruncing berbentuk taji, tebalnya kira-kira 1 cm dan dalamnya berupa semacam getah bening. Daun ini getas dan tepinya bergerigi, panjangnya bisa sampai 30 cm yang biasa dimanfaatkan adalah daun dan akarnya.

Lidah buaya mengandung “saponin” yang mempunyai kemampuan membunuh kuman, serta senyawa antrakuinon dan kuinon sebagai anti biotik dan penghilang rasa sakit. Juga merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam gel lidah buaya terkandung juga lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Sehingga gel akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Akibatnya, kulit menjadi tidak cepat kering.

Inilah kegunaan dari daun lidah buaya:

1. Cacingan, susah buang air kecil
2. Sembelit
3. Penyubur rambut
4. Luka bakar / tersiram air panas (ringan)
5. Bisul
6. Jerawat, noda-noda hitam
7. Batuk (yang membandel)
8. Diabetes
9. Radang tenggorokan
10. Menurunkan kolesterol

Perhatian:

* Daging daun lidah buaya yang telah dikupas dengan cepat menjadi kecoklatan dan mencair jika kena udara. Jadi pengobatan luka terbuka perlu dilakukan secepatnya!
* Jangan digunakan oleh wanita hamil atau menyusui.


Send big files the easy way with sendspace


Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda