26 Jan 2011

Beberapa Makanan Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat memang sangat menganggu. Seringkali aktivitas kita harus terganggu karena asam urat kita kambuh. Hal paling sering yang bisa menyebabkan kambuhnya penyakit asam urat adalah karena kita seringkali tidak sadar telah memakan atau mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan asam urat.

Jadi, untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat, sebaiknya kita menghindari makanan penyebab asam urat. Penyakit asam urat Anda dapat kembali kambuh apabila Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purines.


Sangat penting untuk menghindari makanan yang banyak mengandung purines. Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab asam urat yang mengandung banyak purines.

1. Bir dan minuman beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol memang sangat merusak kesehatan, dan tidak terkecuali bir. Bagi para penderita asam urat, mengkonsumsi minuman ini sangatlah berisiko menyebabkan penyakit asam urat kambuh karena kandungan purines yang terdapat di dalamnya sangatlah banyak.

2. Jeroan atau bagian dalam hewan

Memakan jeroan sapi atau kambing memang sangat nikmat karena rasa dan kekenyalannya yang khas. Apalagi apabila jeroan telah disajikan dalam kuah soto yang gurih. Namun, makanan ini sangat berisiko bagi kesehatan. Tidak hanya karena kandungan kolesterolnya, namun juga kandungan purines yang sangat tinggi. Penderita asam urat harus selalu menjauhkan diri dari makanan ini.

3. Seafood

Bagi sebagian orang, apalagi mereka yang rajin melakukan fitness, seafood adalah satu jenis makanan yang tidak hanya sehat, namun juga nikmat. Namun sayangnya, makanan ini juga kurang aman bagi para penderita asam urat, karena mengandung purines yang cukup tinggi dan bahkan sebagian jenis seafood mengandung purines yang kadarnya sangat tinggi, di antaranya: ikan sarden (termasuk sarden kaleng), ikan herring, kerang kipas (scallops) dan ikan kembung.

4. Daging hasil peternakan

Produk daging hasil dari peternakan seperti sapi dan babi mengandung purines yang cukup tinggi.

5. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran memang menyehatkan untuk dimakan. Namun, ada sebagian sayuran yang berbahaya bagi penderita asam urat karena mengandung purines yang cukup tinggi. Sayuran tersebut adalah kembang kol, bayam, kacang polong, kacang polong kering, dan jenis kacang-kacangan lainnya. Makanan lainnya yang mengandung purines tingkat sedang adalah asparagus, jamur dan gandum.

Begitu banyak makanan yang dapat penyebab asam urat. Hal ini tentu sangatlah tidak nyaman bagi para penderita asam urat. Oleh karena itu bagi Anda yang belum terkena penyakit ini, alangkah baiknya menjaga pola hidup dengan sehat sebelum nantinya terserang penyakit.


Send big files the easy way with sendspace

Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda