4 Feb 2011

Alasan Mengapa Harus Menurunkan Berat Badan

Hati-hati mengonsumsi makanan. Jika Anda tidak dapat mengontrolnya, kesehatan yang akan jadi taruhannya. Namun, bagaimana jika berat tubuh sudah terlanjur besar? Setiap aktivitas yang kita lakukan, memerlukan energi. Mulai dari berjalan, berbicara, berlari, berolahraga, bermain, sampai berpikir. Energi yang kita keluarkan itu dihasilkan dari kalori yang didapatkan dari makanan.

Namun bila kita mengonsumsi lebih banyak kalori daripada jumlah yang kita butuhkan setiap hari, kelebihan kalori itu bisa tersimpan dalam bentuk lemak. Jika kalori yang masuk ke dalam tubuh, seimbang dengan energi yang dikeluarkan atau dibakar melalui aktivitas harian, tentu tidak masalah dan berat badan Anda akan stabil. Kelebihan “berat” badan akan terjadi jika Anda tidak dapat mengontrol kalori harian dengan jumlah kalori yang dikeluarkan.

Berat badan berlebih dapat menimbulkan berbagai masalah serius seperti terserang penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, darah tinggi, kesulitan bernapas saat tidur, kanker dengan beberapa tipe, osteoarthritis, sampai haid yang tidak teratur. Jika Anda peduli dengan kesehatan, ada beberapa cara awal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan, antara lain:

Pertama. Pastikan kondisi tubuh Anda, tergolong dalam kelompok underweight (kekurangan berat), normal, overweight (kelebihan berat badan) atau obesitas. Berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu. 

Kedua. Perhatikan kebiasaan makan dan aktivitas fisik. Buat daftar makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Tujuannya agar dapat diketahui pola makan dan kandungan kalori yang masuk. 

Ketiga. Tetapkan perencanaan secara lebih spesifik saat memilih makanan dan aktivitas fisik. Hal ini bisa dimulai dengan cara mendisiplinkan diri sendiri. 

Keempat. Jalankan rencana yang telah Anda buat, dan tetaplah berpatokan pada rencana tersebut. 

Kelima. Makan makanan yang sehat untuk menjaga berat badan. Sebuah pengetahuan gizi dasar akan membantu Anda untuk membuat pilihan yang tepat untuk diet tentang jenis makanan yang Anda makan. Jangan menghindari semua jenis lemak karena bagaimanapun juga tubuh tetap membutuhkan lemak sekitar 50 gram setiap harinya tetapi konsumsilah lemak pilihan yang bisa didapatkan dari gandum, kacang-kacangan dan minyak zaitun atau makanan yang mengndung lemak tak jenuh. 

Keenam. Jangan makan kecuali Anda lapar. Makan hanya karena kebiasaan atau kebosanan tidak akan membantu Anda untuk langsing. 

Ketujuh. Jangan pernah menyalahkan dirimu jika ada yang salah tetap fokus dan semangat untuk terus berada di jalur tujuan dalam cara menurunkan berat badan secara cepat dan mudah dengan diet yang baik.

Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi Anda tentang berat badan yang aman secara medis untuk benar-benar berhasil dalam upaya Anda menjadi lebih sehat, lebih langsing dan lebih aktif. Dokter Anda memahami masalah berat badan pada tingkat mendasar dan dapat menuntun Anda dalam pencarian Anda untuk menurunkan berat badan. Dokter dapat menyarankan Anda tentang pilihan diet yang sehat, pada cara-cara yang aman untuk perlahan-lahan membangun tingkat energi Anda dan menjadi lebih aktif. Dokter Anda bahkan bisa memberi bantuan makanan aman yang benar-benar efektif, tidak seperti di atas meja suplemen yang menjanjikan keajaiban dunia dan membuat Anda merasa datar dan dikalahkan. Berbicara dengan dokter tentang berat badan yang aman dan efektif medis adalah harapan terbaik untuk mengatasi akhirnya obesitas.


Send big files the easy way with sendspace

Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda suka dengan postingan ini
Berikan komentar Anda